Social Icons

Pages

Sunday, October 31, 2010

Mau Tau Berapa Besar Gaji Mbah Marijan Kuncen Merapi ?

"Saya menjadi juru kunci Gunung
Merapi karena melanjutkan
tugas orang tua saya yang
dahulu sebagai abdi dalem
Keraton Yogyakarta. Nama
Bapak saya…. (Mbah Maridjan
mendadak berhenti berbicara
karena lupa nama pemberian
Sultan Hamengkubuwono IX bagi
bapaknya. Sejenak dia pergi dan
mengambil map berisi "Serat
Kekancingan Dalem Ngarsa Dalem
Sultan Hamengkubuwono IX").
Nama pemberian Ngarsa Dalem
sama dengan nama Bapak saya
di serat kekancingan tersebut,
yaitu Suraksohargo."
Dimasa-masa awal menjadi abdi
dalem juru kunci Gunung Merapi,
Mbah Maridjan mendapat gaji
sebesar Rp 3.710,- per bulan.
Sejak pangkatnya naik menjadi
penewu, gajinya juga meningkat
menjadi Rp 5.600,00 per bulan.
Mbah Maridjan yang gemar
guyonan dengan bahasa
"plesetan" khas Yogyakarta,
menyebut gajinya dengan "lima
juta enam ratus ribu rupiah". Gaji
yang sebenarnya tidak cukup
untuk membeli sebungkus rokok
Kansas kegemarannya. Itu
sebabnya, Mbah Maridjan
terpaksa harus mengambil gaji
setiap tiga bulan sekali, supaya
uang gajinya tidak habis untuk
ongkos naik bus dari keraton ke
Dukuh Kinahrejo.
Mbah Maridjan hidup dalam
kesahajaan dan kesederhanaan.
Seperti orang yang tidak
membutuhkan uang. Bayaran
pertama kali sebagai bintang
iklan minuman energi sebesar Rp
150 juta malah ia bagikan
kepada tetangga tetangga nya
dan sisanya untuk membangun
mesjid di dukuhnya. (patut
dicontoh nih gan.klo agan2 dapet
duit 150juta, mau gak dibagi2in
buat tetangga2 agan?)
Bila menerima bantuan dari luar
pun,walau bantuan itu ditujukan
untuk dirinya,beliau malah
memberikannya kepada kepala
dusun untuk dibagikan kepada
para warga secara rata dan adil.
Diberi lebih dari yang lainpun
beliau tidak mau.
Saking sederhananya, ada
kejadian lucu saat mbah maridjan
menginap di hotel untuk shooting
iklan. Beliau tidak pernah
menggunakan toilet yang ada
dikamarnya. Entah apa alasannya
beliau malah senang
menggunakan toilet satpam
untuk buang hajat.
Gunung Merapi akhirnya meletus
kemarin sore tanggal 26 oktober
2010.Hingga tadi malam, awan
panas menyembur tiada henti
dari kawah gunung berapi paling
aktif di dunia itu. Pukul. 07.3I WIB
Mbah Maridjan ditemukan dalam
posisi sujud didapurnya. Baju
batik, kopiah dan sarungnya
menjadi tanda untuk memastikan
jenazah itu adalah Mbah
Maridjan. Inalillahi wa'inailaihi
roji'un...semoga smua amal
kebaikannya diterima Allah SWT....

Thursday, October 28, 2010

Trik cepat main rubik (cube)


Sekedar refreshing. Akan kami tampilkan cara paling sederhana untuk menyelesaikan permainan rubik (rubic cube) 3×3×3. Masih banyak para pecinta rubik yang jauh lebih ahli, dan menyelesaikannya dalam waktu yang jauh lebih singkat. Namun ini lumayan untuk mengobati rasa penasaran bagi pembaca yang (mungkin) bertahun-tahun tanpa bisa menyelesaikan rubuk-nya.
Diperlukan 5 jurus dasar untuk berpibu dengan rubik,
Langkah Pertama sebagai latihan.  Anda harus dapat menyelesaikan satu sisi. Pilihlah satu layer untuk diselesaikan. Kemudian selesaikan satu demi satu secara berurutan. Gambar di bawah adalah contoh. Sisi warna HITAM dipilih, kemudian diselesaikan urut baris demi baris. Lihat urutan kondisi (1) s/d (4). Selesailah layer 1 (warna hitam).
Setelah selesai, balikkan rubik sehingga layer 1 (hitam, yg sudah beres) berada di sisi bawah. Lihat kondisi (5), sisi warna HITAM berada di layer paling bawah (layer 1). , sehingga tak tampak lagi warna hitam. Kondisi (5) adalah sama dengan (4), dengan rubik telah dibalik.


Untuk mempermudah pemahaman, lihat Gbr 1 di atas. Perhatikan istilah-istilah pada gambar. U (maksudnya Upper) adalah sisi atas. R (right) sisi kanan, L (left) sisi kiri, F (front) sisi depan, dan B (back) sisi belakang. Ini akan dipakai terus. Sebenarnya masih ada satu lagi, D (down) sisi bawah, namun tak dipakai dalam jurus-jurus kami nanti.
Pemutaran rubik juga mengacu pada kriteria ini. Putar kanan mengacu pada Gbr 1., artinya seandainya itu sekrup (atau paku ulir) diputar ke kanan dari sebuah sisi, maka sekrup (atau paku ulir) itu akan bergerak masuk ke dalam rubik. Putar kiri berarti berlawanan arah dengan putara di Gbr 1. Untuk lebih jelasnya, gerakan putar adalah sebagai berikut,
Ua – artinya U putar kanan (sisi atas putar kanan) 90 derajat
Ra – artinya R putar kanan (sisi kanan putar kanan) 90 derajat
Fa – artinya F putar kanan (sisi depan putar kanan) 90 derajat
La – artinya L putar kanan (sisi kiri putar kanan) 90 derajat
Ba – artinya B putar kanan (sisi belakang putar kanan) 90 derajat
Semua hal tersebut sesuai dengan Gbr 1. Adapun akhiran “i” menunjukkan putaran kiri(sebaliknya),
Ui – artinya U putar kiri (sisi atas putar kiri) 90 derajat
Ri – artinya R putar kiri(sisi kanan putar kiri) 90 derajat
Fi – artinya F putar kiri(sisi depan putar kiri) 90 derajat
Li – artinya L putar kiri(sisi kiri putar kiri) 90 derajat
Bi – artinya B putar kiri(sisi belakang putar kiri) 90 derajat
.
.
Jurus 1, menyelesaikan layer 2.
Untuk menyelesaikan layer 2, posisi awal harus dibuat seperti Gbr. 2 (a) atau (b). Jika sudah tercapai kondisi seperti Gbr 2 (a), lakukan gerakan jurus 1(a):
Ua Ra Ui Ri  -  Ui Fi Ua Fa
Jika kondisi seperti Gbr 2 (b), lakukan gerakan jurus 1(b):
Ui Fi Ua Fa – Ua Ra Ui Ri

.
Kondisi (5) adalah sama dengan (4), dengan rubik telah dibalik. Lihat (5) sesuai dengan yang dimaksud Gbr 2. (b).  Maka jurus 1(b) dilakukan. Ulangi jurus-jurus 1(a) dan 1(b) ini untuk biji-biji rubik yang lain. Jika kondisi tak ada seperti Gbr 2, misal posisi biji rubik sudah benar namun warna-nya terbalik, maka lakukan jurus 1(a) atau 1(b) untuk mengeluarkannya (menaikkan ke atas). Kemudian masukkan lagi ke posisi yang benar dengan jurus di atas yang sesuai.
(6) adalah kondisi setelah jurus-jurus di atas dilakukan sehingga layer 2 terselesaikan.

Selesai jurus 1.
Sekarang kita konsentrasi ke layer 3. Hanya layer 3, karena layer 1 dan 2 sudah terselesaikan. Konsentrasi ke layer 3 sebagaimana Gbr. 3.

.
.
Jurus 2,
Tujuan dilakukan jurus 2 adalah untuk mencapai kondisi bentuk “+” di layer 3 (Gbr.4). Jurus 2 adalah gerakan,
Ri Ui Fi – Ua Fa Ra


Lihat Gbr 5. Di sini kita tak mempedulikan biji-biji diagonal rubik. Konsentrasikan hanya pada biji-biji center (tengah). Jurus 2 ini akan menyebabkan posisi hijau dan biru naik, dan posisi merah tetap. Dan posisi biji-biji rubik bergeser sebagaimana terlihat pada gambar.

Sebagaimana pada contoh di bawah, sebelum membentuk “+”, pastikan ada satu warna kuning yang akan diletakkan di sisi B (lihat (7)). Jika belum ada satupun kuning di posisi tengah, lakukan jurus 2 satu kali, maka pasti ada kuning muncul di posisi tengah. Letakkan itu di sisi belakang dengan gerakan Ua atau Ua Ua atau Ui.
Jurus 2 masih terus dilakukan sambil meneliti dengan mengubah posisi rubik sehingga diperoleh warna-warna kuning yang membentuk huruf “L terbalik” sebagaimana (8). Bentuk “L terbalik” merupakan syarat untuk membentuk “+”. (Lihat Gbr. 5).
(9) adalah kondisi saat bentuk “+” telah tercapai. Saat ini kita tak mempedulikan biji-biji diagonal, dan hanya fokus pada biji-biji center/tengah.
Selesai jurus 2.

.
.
Jurus 3
Ra Ua Ri Ua  - Ra Ua Ua Ri
Tujuan jurus 3 adalah dari “+” (Gbr 6a) membentuk “ikan” (Gbr 6b), sampai akhirnya mengkuningkan sisi atas (Gbr 6c). Ini semua dilakukan hanya dengan jurus 3.
Perhatikan Gbr 7. Jurus ini akan menyebabkan posisi hijau, biru , dan  merah naik. (Dan posisi warna coklat tetap di atas). Dan posisi biji-biji rubik bergeser sebagaimana terlihat pada gambar. Sebenarnya kita boleh tak mempedulikan pergeseran biji, dan hanya peduli biji mana saja yang warnanya akan naik. Perhatikan pula, biji-biji tengah bentuk “+” tak berubah, tetap di atas.


Lakukan jurus ini terus menerus. Setiap kali, perhatikan posisi-posisi warna kuning dan perhitungkan dengan acuan Gbr 7. Ubah posisi rubik kalau perlu. Sekedar tips, untuk menuju bentuk “ikan” (menuju ke Gbr 6b), letakkan posisi kiri-depan (L-F) dengan biji bukan warna kuning, sambil berharap (memperhitungkan) akan muncul hanya satu warna kuning di antara tiga posisi diagonal yang lain. Jurus ini mungkin perlu dilakukan berkali-kali.
Setelah bentuk “ikan” diperoleh, letakkan warna kuning diagonal di pojok kiri-depan (L-F), Gbr 6b.  Jangan terkecoh .. kadang “ikan” yang diperoleh, bukan “ikan” yang dikehendaki (sebagaimana seperti pada Gbr 6b.). Maka sekali lagi, jurus ini mungkin perlu dilakukan berkali-kali.
Dalam contoh, (10) sampai (14) adalah urutan setelah jurus-jurus 3. Lihat .. (11) adalah sama dengan (10) dengan seluruh rubik diputar kanan. Ketika mendapatkan “ikan”, warna kuning pada diagonal digeser ke pojok kiri-depan (L-F) terlebih dahulu, baru melakukan jurus 3. Lihat .. (13) = (12) diputar kiri.
(14) kondisi setelah warna kuning berada di atas semua, tanpa peduli urutannya.
Selesai jurus 3.

.

.
Jurus 4.
Jurus 4 ini akan mengubah posisi diagonal biji rubik tanpa mengubah warna. Gerakannya adalah
Ri Fa Ri  -  Ba Ba Ra  -  Fi Ri Ba  -  Ba Ra Ra
Maka posisi biji yang berubah terlihat pada Gbr. 8 (atau Gbr. 9). Jika anda telah mencapai (14), kuning berada di atas semua, periksa dan sesuaikan posisi biji diagonal. Jika tak ada yang bersesuai, pilih salah satu diagonal untuk disesuaikan. Letakkan di pojok kiri-depan (LF), sebagaimana Gbr 8. Lakukan jurus 4, maka akan ada 2 pojok diagonal yang sesuai. Periksa dengan Ua atau Ua Ua atau Ui.
Jika telah ada dua pojok diagonal yang sesuai, letakkan ke dua pojok diagonal itu di sisi belakang (lihat Gbr 9). Lakukan jurus 4. Maka sekarang ke empat pojok diagonal telah bersesuaian.

.

.
(15) adalah (14) dengan Ua atau Ua Ua atau Ui.  Kelihatan ada dua pojok bersesuaian. Lakukan Ua Ua, maka ke dua pojok itu berpindah ke sisi belakang (B), (16). Dengan sekali jurus 4, maka ke empat pojok telah bersesuaian. (18) adalah (17) dengan Ua atau Ua Ua atau Ui.
Selesai jurus 4.

.
Jurus 5.
Jurus 5 ini akan mengubah posisi center/tengah biji rubik tanpa mengubah warna dan posisi biji  diagonal. Gerakannya adalah
Fa Fa  -  Ua La Ri   –   Fa Fa    -   Li Ra Ua    -   Fa Fa
Maka posisi biji yang berubah terlihat pada Gbr. 8 (aduh salah nomor gambar, pokoknya gambar kuning bawah yaach).
Jika belum ada sisi yang warnanya sama semua, maka perlu jurus 5 berulang-ulang. Periksa setelahnya dengan Ua atau Ua Ua atau Ui. Jika ada satu sisi yang telah selesai (satu garis warnanya sama, maka letakkan di sisi belakang (B). Lakukan jurus 5 ini sampai semua sisi bersesuaian.

.
Dalam contoh terlihat dari (17) setelah diperiksa ada satu sisi yang telah selesai (18). Letakkan di sisi belakang (B)… (19). Lakukan jurus 5 ini sampai semua sisi bersesuaian (20).

.
TAMAT.
.
Semoga manfaat.

Bukan Nakut-Nakutin Gan ! Ini Tentang Letusan Krakatau Dan Tenggelamnya Jakarta

FOTO LETUSAN GUNUNG KRAKATAU PICU TSUNAMI JAKARTA - Gunung Krakatau Meletus Jakarta Akan Tenggelam Terkena Gelombang Sunami. Prediksi Gelombang Tsunami Jakarta Pasca Letusan Gunung Krakatau Terbaru. Dari info terkini, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Suharna Surapranata mengatakan, Jakarta aman dari bencana tsunami jika Gunung Merapi meletus total. Namun, bisa berubah jika Gunung Krakatau meletus kembali seperti pada 1883 lalu. Menurutnya, Jakarta kemungkinan besar akan terkena tsunami dan Jakarta pasti akantenggelam. Seperti kejadian gempa Padang Sumbar 2010 memicu sunami di Mentawai (video youtube).

"Saya belum bisa mengatakannya, karena saya tidak mengurus soal perkara itu. Silahkan menanyakan kepada ahli geologi. Karena kan patahan panas paling tajam itu ada di daerah pesisir Sumatera. Kalau di Jakarta itu, mungkin kalau terjadi (ledakan) Krakatau itu yah," ujarnya usai deklarasi kebangkitan Ristek menuju reformasi dan teknologi, di gedung BPPT, Jakarta.

Suharna menambahkan, yang membuat Jakarta aman dari tsunami karena letak gunung Merapi yang berada di dalam daratan. Jadi kemungkinan besar tsunami masih cukup kecil. Untuk itu, dia meminta kepada warga Jakarta tidak perlu khawatir dengan bencana tsunami jakarta.

"Kalau Merapi itu kan di dalam daratan, untuk tsunami tidak akan terjadi. Sangat bisa dikatakan aman. Tetapi memang ada risiko jika gunung Krakatau meletus seperti yang pernah terjadi pada 1883. Itu mungkin saja terjadi," timpal Staff Khusus bidang riset dan teknologi Ristek Warsito Purwotaruno. okezone.com

Processor INTEL vs AMD


Arsitektur.
Baik Intel maupun AMD memakai pandangan yang berbeda terhadap prosesor, yakni dari arsitektur prosesor itu sendiri. Dalam hal ini, tidak ada yang bisa dikatakan lebih unggul atau tidak. AMD mengintegrasikan memory controller ke dalam prosesor nya, sehingga jalur data antara prosesor dengan chipset jadi lebih singkat. Intel tidak mengintegrasikan memory controller ini ke dalam prosesornya (meskipun sekarang pandangan itu sudah dirubah dengan kehadiran Core i7 / codename Nehalem) dan lebih berfokus pada penanaman memori internal pada prosesor. Baik Intel maupun AMD, memiliki keunggulan masing-masing. Bagi AMD, penanaman memory controller yang sering disebut sebagai HyperTransport ke dalam prosesor membuat transfer data rate menjadi lebih cepat (karena data tidak harus menunggu dari memori utama), tetapi menjadikan memori internal pada prosesor menjadi kecil. Bagi Intel, pengintegrasian memory internal prosesor yang besar (didapat dari penanaman jumlah transistor yang besar) membuatnya perkasa dalam hal aplikasi multi-threading karena berkaitan dengan fungsi utama memori internal prosesor itu sendiri (sebagai penyimpan data sementara yang akan diolah oleh prosesor), tetapi kurang digdaya dalam kisaran harga. Saya sebagai penulis mengakui,teknologi Intel setingkat diatas teknologi AMD. Oleh karena itu, user harus membayar dana yang lebih untuk sebuah prosesor Intel.

Daily Use.
Kalo denger kata-kata orang, AMD itu lebih ditujukan untuk gaming, sedangkan Intel ditujukan ke aplikasi berat. Pandangan ini hampir benar, dikarenakan dalam hal gaming tidak dibutuhkan memori prosesor yang besar (sering disebut L2 Cache) tetapi transfer data yang cepat (sekarang sudah diambil alih oleh GPU). Intel jauh lebih menyenangkan dipaksa bermain dengan banyak aplikasi karena memori internal nya yang besar dibanding prosesor sekelas AMD.

Frekuensi dan chipset.
 Kedua hal ini saya gabungkan karena memiliki kaitan satu sama lain. Namun sebelum itu, satu hal yang saya ingin tekankan, jangan samakan antara frekuensi AMD dan Intel. Sebagai contoh, prosesor AMD Sempron 3000+ 1,8GHz dengan Intel Pentium 4 1,8Ghz bukan berarti memiliki kecepatan yang sama, Sudah ditekankan dari awal, karena AMD mengintegrasikan HyperTransport ke dalam prosesor nya, sehingga proses transfer data menjadi lebih cepat. (Lihat saja ke dalam produk AMD dan Intel di pasaran. Apabila kalian jeli dalam melihat pasar, Produk-produk AMD hampir jarang ada yang meiliki frekuensi lebih besar dari 3GHz (baik socket 754 maupun 939 / 940(AM2)). AMD dengan kecepatan 1,8GHz tersebut, sebenarnya performa nya sama dengan Intel 2,2Ghz. (Tidak ada rumus perhitungan yang pasti akan hal ini, tetapi kenyataannya demikian). Bagi frekuensi Intel yang kecil, hal ini bukan jadi kendala besar buat Intel. Karena, dengan pengalaman yang banyak sebagai produsen chipset bagus di platform motherboard Intel, maka R&D (research and development) untuk chipset Intel berkembang dengan pesat terutama dalam hal overclockingnya  (sejak jaman Intel dengan socket 478, sudah banyak motherboard dengan chipset Intel di pasaran, mulai dari seri 845 hingga 975X. Sedangkan AMD, baru mengintegrasikannya mulai dari chipset AMD 600 series chipset yang digunakan untuk socket AM2). Makanya, jangan heran kalau prosesor Intel dapat ditarik hingga mencapai clock speed 4GHz lebih hanya dengan menggunakan air cooling bahkan stock cooling, sedangkan AMD sudah boyo untuk dipaksa lari di 4Ghz walaupun menggunakan dice / phase cooling.

Grafis onboard.
Untuk bab ini, saya lebih suka untuk langsung memberikan juara kepada platform AMD. Karena, motherboard-motherboard dengan platform AMD banyak memakai chipset dengan grafis terintegrasi dari nVidia maupun ATi Radeon yang sudah sangat memadai dalam hal grafis nya, berbanding terbalik dengan Intel. Waktu sebelum merger antara AMD dengan ATi dilakukan, beberapa produsen motherboard banyak menggunakan chipset nVidia pada motherboard AMD (selain chipset AMD itu sendiri), sedangkan pada motherboard Intel hal ini juga ada, tetapi sebagian besar hanya sebatas chipset berkemampuan SLI (nForce 590, nForce 680). Hal ini dikarenakan persaingan tidak langsung antara Intel dengan nVidia. (ketika AMD dan ATi join….intel ama nvidia malah perang).
Onboard graphics intel? Jangan diharapkan….Walaupun Intel telah megeluarkan chipset grafis GMA X4500 yang sudah mendukung DX10 dan fitur Aero pada Vista, tetap saja masih sangat jauh lebih baik nVidia maupun ATi.


Overheating.
Sedikit ilustrasi, ketika saya menanyakan apa yang ia ketahui tentang AMD, ia mengatakan bahwa prosesor AMD itu cepat panas. (berbicara kondisi default ya….bukan setelah overclock loh). Betul, apabila dibandingkan Intel seri Dualcore E2xxx dengan Athlon X2 4/5xxx (memori internal prosesor sama, 1MB), maka Athlon lebih cepat panas. Mengapa? Pendapat saya pribadi, AMD lebih cepat panas karena dengan clock speed yang besar, panas yang dihasilkan juga besar. Demikian hal nya dengan cooling dari AMD yang cukup besar dengan bentuk persegi dan kipas yang airflow per second nya kecil, tentu saja lebih cepat panas. Sebenarnya, berkaitan sedikit dengan ilmu fisika, semakin besar suatu media, maka perambatan panas nya juga akan semakin lama, sehingga panas dari prosesor yang akan dibuang oleh kipas melalui heatsink akan jauh lebih lama dibandingkan heatsink fan yang kecil. (sekarang, cooling Intel makin tipis aja kan ukurannya? )

Conclusion.
Berdasarkan informasi yang saya kumpulkan dan olah sendiri (brain made), berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa saya tarik.
* Jika anda seorang penggila game atau gamer sejati, yang gemar memainkan game sambil denger musik, gunakanlah platform AMD. Pilih yang core speed nya berkisar antara 2GHz sampai 3Ghz. Game tidak butuh memori internal prosesor yang besar.
* Jika anda seorang analyst / video creator / designer, pemakaian Intel akan sangat membantu pekerjaan Anda. Anda tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama ketika sedang mengerjakan proses rendering / computing, karena internal memori prosesor yang besar.
* Jika anda seorang yang gemar browsing / komputasi standar, pilihlah prosesor dengan TDP (Thermal Design Power) yang ber-watt kecil. Agar listrik anda hemat.
* Jika anda seorang pemula yang ingin belajar overclocking, silahkan berlatih dengan prosesor Dualcore Intel (E2xxx series) atau Athlon X2 3/4xxx series. Chipset mainboard juga sangat berperan dalam proses overclocking.
* Jika anda seorang overclocker yang sudah paham sedikit demi sedikit dengan overclocking, silahkan bermain dengan prosesor yang anda suka, dengan mainboard berchipset bagus, dan perhatikan masalah cooling.
* Jika anda seorang enthusiast overclocking dan gemar untuk melihat angka 5GHz ke atas di cpu-z, gunakan Celeron 347 atau Pentium 4 631 dengan mainboard P965 (Broadwater). 5Ghz bisa dicapai dengan hanya air cooling.
Guidance List of well-known manufactured product in overclocking (additional)
Motherboard
DFI (Firstcom), Asus (Astrindo Senayasa), Biostar (SME)
Processor
Intel (for overclocking basic, lebih baik memakai prosesor seri apa saja dengan clock speed terendah). AMD (Phenom X4 810 and X3 720 generation 2, udah enak diajak lari2 sama 790GX)
Memory
Team Xtreem non Dark (Micron D9GMH or D9GKX chipsets), Kingston value (most of them using Micron D9HNH), Corsair DHX/XMS Series (Promos), OCZ, Adata Extreme Edition (D9GMH)
Hardisk
Cari aja yang cache hardisknya besar… karena pemakaian hardisk tergantung kebutuhan aja. Tapi sih, saya lebih recommend merk Western Digital. Lebih panjang umur…
VGA
nah…sesuaikan sama keinginan anda..
PSU
FSP (Tier 2), Corsair (Tier 1), Seasonic, Tagan (Tier 1), Antec (Tier 2), Acbel (Tier 3). Makin kecil tier makin bagus

Remaja 12 Tahun Raih Rp 26 Juta Dari Mozilla

Alex Miller
pic : dtc
(ICTF - Web Technology) Pintar juga remaja belia ini. Pada usianya yang baru menginjak 12 tahun, ia berhasil melacak bug (celah) di browser Firefox sehingga diganjar uang USD 3.000 atau sekitar Rp 26 juta dari Mozilla selaku pembuat Firefox.

Apa prestasinya? Dikutip dari PC Mag, Selasa (26/10/2010), remaja bernama Alex Miller asal California ini berhasil menemukan sebuah bug yang terkait dengan isu buffer overflow dan memory corruption di Firefox.

Asal tahu saja, Alex harus menghabiskan waktu 90 menit per hari selama 10 hari untuk melacak keberadaan bug dimaksud. Dia memang memiliki skill yang terbilang mumpuni di bidang pemrograman.

Bug bersangkutan lalu dilaporkan pada pihak Mozilla. Sejak bulan Juli, Mozilla memang menawarkan uang bagi mereka yang berhasil menemukan cacat di produk Mozilla.

Banyak yang ragu Alex mencetak prestasi itu, terutama teman sebayanya. Namun setelah ia menunjukkan cek dari Mozilla, baru mereka percaya. Uang hadiah sebagian disumbang ke lembaga sosial dan untuk membeli kado Natal. Sisanya ia tabung di bank.

"Hanya sedikit orang yang berkontribusi di area ini. Bidang ini sangatlah teknis," kata Brandon Stone, Security Program Manager Mozilla.

Dengan demikian, apa yang dilakukan Alex memang tidak sembarangan. Pantaslah dia diberi penghargaan uang cukup banyak dari Mozilla.

Gambar Benda2 Tajam Yang Disamarkan (Keren Gan)

Alat2 Yang Dikelabui Ternyata Berupa Benda Tajam...

Wajah Pengguna Narkoba Sebelum & Sesudah Jadi Pecandu So STOP IT NOW!!!
















Ciri-ciri pemakai narkoba

1. Perubahan perangai atau perilaku sehari-hari. Seperti biasanya periang
tiba-tiba menjadi pemurung, mudah tersinggung dan cepat marah tanpa alasan yang jelas. Tapi bisa juga yang terjadi sebaliknya. Jika ia semula pendiam, tiba-tiba berubah menjadi lebih periang dan mudah tertawa.

2. Sering menguap dan mengantuk, malas, melamun dan tidak mempedulikan kebersihan atau penampilan diri Tapi kadang-kadang bisa berubah menjadi rajin sekali, bahkan seperti tidak kenal lelah.

3. Menjadi tidak disiplin atau sering kabur baik dirumah atau disekolah.

4. Nilai rapor atau prestasi yang lain menurun.

5. Lebih sering menyendiri, bersembunyi di tempat-tempat gelap atau sepi agar tidak terlihat orang.

6. Lingkungan pergaulannya berbeda dari biasanya, atau lebih senang bergaul dengan orang-orang tertentu saja yang mempunyai ciri-ciri seperti tanda-tanda diatas.

7. Mencuri apa saja milik orang tua atau saudara untuk alasan yang tidak jelas, karena ia membutuhkan uang tersebut untuk membeli narkoba.

8. Sering cemas, mudah stress atau gelisah, sukar tidur dan mudah curiga.

9. Pelupa seperti orang bego atau pikun.

10. Mata merah seperti mengantuk terus dan biasanya menyembunyikannya dengan memakai kaca mata hitam.